Selamat Datang Para Alumni SMU P@nbat T.A - 03 and Visitor....
Selamat Menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di blogger ini..

Rabu, 22 Juli 2009

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA)

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA)


Sebenarnya apa yang dimaksud dengan HSDPA? Kenapa teknologi ini sekarang banyak disyaratkan orang dalam sebuah ponsel yang akan dibelinya?

High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) merupakan sebuah protokol ponsel (handphone) yang merupakan bagian dari pengembangan teknologi 3,5G. Selain HSDPA, teknologi lain yang masuk dalam generasi sistem nirkabel 3,5G adalah HSUPA (High-Speed Uplink Packet Access - kecepatan uplink hingga 5,76 Mbit/s) dan EV-DO Rev.A.

Pada awal dikembangkannya HSDPA mempunyai kapasitas 4,1 Mbps. Kemudian generasi kedua HSDPA yang berkapasitas 11 Mbps dengan kapasitas down peak data rate mencapai 14Mbit/s.

Untuk keperluan mobile, pengguna HSDPA ini dapat mengakses Internet dalam keadaan bergerak 100km/jam dengan kecepatan akses 1,2Mbps. Sedangkan di daerah perkantoran yang padat dengan banyaknya barier, HSDPA mampu menyajikan konektivitas data sekitar 300 Kbps.

Dengan jaminan kecepatan akses yang diberikan, teknologi HSDPA ini dapat mengurangi macet pada saat download data ataupun streaming file audio/video. Selain itu juga berbagai aplikasi interaktif (dynamic application) dalam sebuah web dapat dijalankan tanpa kendala.

Kelebihan lain dari HSDPA, adalah meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan. Hal ini menyebabkan berkurangnya biaya layanan mobile data secara signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar